About Me

Kumpulan cerita, ocehan, renungan dan filosofi hasil dari buah pikiran sendiri dicampur aduk dengan buah pikiran orang :D

Jumat, 18 Februari 2011

The Sotoy Flavor Ink


Aku adalah orang yang paling sering melakukan kesalahan. Kesalahan itu mungkin tidak besar, tidak sampai menjadikan suatu kematian tapi cukup menjadikan kemelaratan dikala situasi ekonomi sedang terjepit seperti sekarang ini. Itulah aku, kesalahan kecil yang sebenarnya sudah aku sadari bahwa hal itu adalah salah dan merepotkan bahkan merugikan. Bahkan ada hal yang sudah pernah aku lakukan dan hasilnya = sekarat. Namun, dilain waktu tetap saja aku ulangi dan begitulah.. sudah dapat dibayangkan sendiri bagaimana hasilnya. Lagi-lagi merugi dan kejepit.
Sepertihalnya malam ini, lagi-lagi aku mengeluh “owh…” karena apa? Hanya karena sifat sok tau dan menurutin rasa penasaranku yang biadab. Maaf jika bahasanya terlalu kasar. Namun, itulah nyatanya.
Kisah malam ini diawali dengan sebuah obrolan ringan di ruang kerja.
Saat ini masih sore sekitar jam 17.00 waktu Indonesia barat. Dengan suasana kerja yang cukup kondusif (tidak ada dering telpon dan tidak banyak progress –maklum, aku kerja di bagian customer service salah satu perusahaan penyedia jasa telekominukasi terkemukan di Indonesia). Seperti biasa, kami melakukan percakapan ringan mengenai kuliah yang kami lalui.
“Haduh, ini nilai belum ada perubahan aja nih, padahal aku yang bikin makalahnya, aku yang bikin presentasinya, malah nilaiku yang enol.” Keluhku terhadap nilai ujian Mata kuliah Pendidikan Agama Islam yang masih melongo manis di database nilai murni UAS web kampusku.
“Wah… tidak beragama kamu Nung.” Ujar mas Polis saat melihat nilai UAS ku yang 0 imut itu.
”Ye.. bukan gitu mas, aku dah ngerjain itu. Bayangin aja, aku yang bikin makalahnya, aku yang bikin presentasinya, tapi malah aku gak dapet nilainya. Rese ya?” Jelasku karena tak mau dianggap mahasiswa goblog. Sedikit pamer lah, toh yang lain juga kadang pamer dengan kemampuan mereka. Hehe..
”Iya.. kemaren tugas Agama gw dia yang ngerjain dapet A, eh dia, nilai sendiri malah dapet D, dapet 0. parah ya!” Mas Nata mencoba membela tapi tetep aja, seakan tidak membuat keadaan menjadi lebih baik. ”Eh, Nung, punya kalkulator Scientis ga? Butuh nih buat ujian besok.” Ujarnya lagi. Nah lo, kalau mau ujian pasti ribut. Ada aja yang dicari.
”Ada mas, di rumah.” Jawabku sambil tetap berkonsentasi dengan komik online ku. Hehe..
”Pinjem si. Ntar aku ambilnya.”
”Weh.. Di rumah mas, sama adekku.”
”Di rumah di jawa maksudnya?”
“Hehe... Iya mas.. mau ambil ke sana? Hayu...”
”Ah.. ngapain di omongin kalau jauh-jauh di sana, kaga ada gunanya kalee..”
”Lha, situ tanya, ya gw jawab.”
Percakapan selesai. Kami kembali berkonsentrasi dengan kegiatan kami masing-masing. Mas Polis kembali ke meja kerjanya untuk mengaktifkan game LAN nya, main bareng sama mas Nata yang juga sudah mulai meloading dan memilih hero gamenya. Haduh, game cowo, gw gak pernah diajak main nih. Biar masih bayi gini mainnya kan gw juga pengen ikutan main.. Hiks, tapi ya sudah lah, mereka memang tidak mengizinkan bayi prematur seperti saya untuk ikut begabung dalam permainan keras mereka, apalagi kalau kalah pasti ada perkataan yang benar-benar bisa membuat saya turun berat badan drastis sebanyak 5 kilo dalam seminggu. Bisa dibayangkan kan, bisa-bisa saya jadi fosil hidup nantinya, karena saya kira saya masih cukup lama masa kerja di kantor tersebut, di ruangan tersebut, bersama mereka. Heuh,, jadi curhat. Sudah sudah... back to default..
Setelah beberapa lama, tiba-tiba mulut besar dengan bibir tipis, hitam dan bau rokok mas Nata mengomat kamitkan beberapa kata.
”Haduh, ngeprint dimana ya gw? Mana bung Worna –tukang potokopi kantor- udah pulang lagi.
”Aku ada printer, tapi gak ada tintanya mas. Kalo mau isi tintanya dulu deh, gimana?” Aku menawarkan diri karena saking cintanya aku sama dia (beuh,, padahal biar dikata baik hati, tidak sombong, suka menolong, rajin menabung dan suka membantu sesama yang kesulitan)
”Emang ngisinya dimana?”
”Di Loppi mas, di Mall Loppi ada Refil Centernya mas.”
“Mang malem masih buka?”
“Au deh, masih kayaknya, kalau Mall nya si tutup jam 10 malem mas.”
“Hmm,. Sempet gak ya klo ngisi dulu.”
” Sempet lah.”
”Boleh deh, ntar ya.”
”Emm,,, tapi, Nung lagi gak punya duit mas, duit tinggal 20 rebo ampe gajian keluar (padahal ini baru tanggal 16, gajian masuk tanggal 28, itupun kalo enggak ngaret). Gimana Mas?” Mulai deh ketauan aslinya, minta di-isi-in tinta.
“Iya deh aku isi-in, paling berapa si?”
“Paling 20 rebo, mentok mentoknya 30 rebo lah.”
“Ya udah, gak papa, yang penting gw bisa ngeprint ni bahan ujian, besok ujiannya soalnya.”
“Emang berapa lembar mas?”
“Ada kira-kira 60an lah, bisa nggak?”
”Bisa-bisa, asal ada tintanya.”
Dan akhirnya kami menunggu sampai jam 20.00. Nunggu sampai pergantian shiff, sampai shiff malam datang. Dan setelah mereka datang (sebenernya Cuma nunggu seorang si, Cuma nunggu mas Aroi, tapi nggak penting ah, gak usah diceritain di sini). Dan singkan cerita aku dan mas Nata pergi ke Mall Loppi tempat dimana refil centernya berada. Namun, anda belum beruntung, ternyata refil centernya gulung tikar sodara sodara. Tempat yang dulunya jadi lapak refil center sekarang jadi papan bertulisakan ”For Leasing, Call bla bla bla..” haduh, mana toko sebelahnya juga tutup. Udah sampe gedor gedor pintu (hiperbola. Aslinya Cuma ketok ketok doang), si embba penjaganya Cuma mengkomat kamitkan bibir dengan arti ”Tutup” sambil melambaikan tangan. Huh,, apa yang harus aku lakukan. Masa jadi sia sia udah jauh jauh sampe Loppi. Akhirnya, karena di sampingnya ada book Sotie, maka dengan cepat otakku mengarahkan syntax untuk menuju ke Book Sotie dan membeli refil suntik untuk catridge ku. Harganya cukup terjangkau. 29.500 rupiah. Gak seberapa mungkin, tapi ini akan selalu menjadi yang nominal yang dikenang bahkan sampai di tulis menjadi cerpen seperti ini.
”Yakin lu beli kaya gini?” Mas Nata seolah tidak yakin denganku.
”Yakin Mas.”
”Emang kamu bisa ngisinya? Klo gw jujur belum pernah ngisi pake suntik suntikan gitu.”
”Bisa mas, di rumah dulu aku suka ngisi sendiri. Suntikan juga kaya gini. Tenang aja mas. Bisa kok.” Aku berusaha membanggakan diri. Dulu memang di rumah di kampuang halaman aku sering merefil sendiri printerku. Yah, walaupun akhirnya setelah beberapa kali refil, printerku masuk ruang opname juga. Hehe.. dan malam ini kayaknya aku juga gak yakin bisa ngisi sendiri. Soalnya ini printer model baru dan aku benar benar masih buta dan dungu tentang printer yang satu ini. Namun, dengan modal rasa percaya diri yang sangat menjulang tinggi dan SOTOY FLAVOR yang benar benar kental, ditambah dengan rasa ingin menunjukkan ”Ini loh GW”, akhirnya aku menggampangkan itu semua.
Sekitar jam 9 malam, kami sudah ada di kosku. Dan aku langgung membongkar printerku yang masih nyelip manis di dalam kardus dan plastiknya (aku memang mengkandangkannya kembali setelah UAS selesai, maksudnya bisa tetep terjada kebersihan dan bisa tetep awet gitu. Maklum. MAHAL, 400 reboo...). Dan seakan bagi tugas, mas Nata langsung menyalakan netbookku.
”Yakin nih? Lama nggak nih? Ngantuk nih gw, mana ni temen-temen dah sms mulu ngajak ngegame lagi.” Wajah tidak yakinnya muncul lagi.
”Iya mas, yakin, tenang aja, ngisi tinta gak sampe 30 menit kok. Ngeprintnya juga cepet. Paling 30 menit beres.” Ujarku sombong.
Namun ternyata, orang sombong dan sotoy memang pendek ridhonya. Dan pengisian tinta gagal. Tintanya meleber kemana-mana, berjatuhan di lantai kos. Akhirnya satu Catridge terkorbankan. RUSAK. Tinggal 1 lagi, aku coba lagi dengan sedikit demi sedikit tinta. Hampir saja meleber lagi, namun belum teralu banyak, jadi tidak sampai rusak (dan semoga saja tidak rusak). Dan singkat cerita (gw dah ngantuk nehh..), jam 11 malam, baru beres ngeprintnya.
”Beuh,, tuh kan, katanya ngisi tinta gak sampe 30 menit.”
”Hehe.. ya maap. Abisnya produk baru si.” Aku berusaha berkelit.
”Ya udah, udah beres ini. Hmm,, padahal tadi di bawah ada refil center ya. Tapi kita dah terlanjur beli tinta suntik yang bikin suntuk ini ya?”
“Hehe..” Cuma bisa nyengir kuda menanggapi komentarnya. Udah malu, kos berantakan, tangan belepotan, cape, belum mandi, badan gatel keringetan, bau dll semua campur aduk jadi satu lebih yahut dari es campur.
”Ya udah, gw pulang. Thanks ya.”
“Hehe,, (nyengir kuda lagi), maaf ya Mas, besok kalo gajian uangnya aku ganti deh. Sekalian ama yang tadi siang yang buat sunatannya anaknya pak Onta.”
“Hehe.. (gentian dia yang nyengir kuda), Iya.. ” ucapnya singkat sambil berlalu meninggalkan kosku. Kembali ke kantor dan menginap di kantor. Kasian dia. Dah 2 hari 2 malam di kantor berarti. Dan ini juga yang menjadi alasan aku untuk mengisi tinta sendiri. Karena berharap aku bisa membantu dia ngeprint bahan, sehingga nginep di kantor malam ini tidak jadi sia sia.

Demikian kisah malam ini. Kisah yang terjadi pada Rabu malam, tanggal 16 Februari 2011. Hingga kejadian ini di tulis. Penulis sudah ngantuk banget.. hehe...

Tidak ada komentar: